February 2, 2023

Nasib Tragis Rookie MotoGP: Dikontrak Setahun, Setelah Itu Dibuang

Pebalap Mooney VR46, Marco Bezzecchi, mengkritik tim balap MotoGP yang memperlakukan para pebalap debutan MotoGP secara tidak manusiawi. Menurut Bezzecchi, debutan atau rookie cuma dikontrak selama setahun. Jika dia tampil bagus, mungkin mampu diperpanjang kontraknya. Tapi jikalau tampil buruk, maka mereka akan ditendang.

“Menurut pendapat saya, seorang pebalap sepantas-pantasnya mendapat kontrak sedikitnya dua tahun. Harus layaknya itu siapa pun ridernya dan apa pun kategorinya, sebab selamanya ada proses adaptasi,” kata Bezzecchi dikutip dari Motosan MotoGP 2023, Fabio Quartararo Pakai Helm Baru, Lihat Tuh .

Menurut Bezzecchi, tidak adil rasanya bagi pebalap jikalau mereka cuma mampu kontrak setahun. Sebab jikalau mereka tak mampu beradaptasi, mereka mampu saja langsung ditendang dari MotoGP, yang mampu saja jadi berarti berakhirnya karier mereka di balap kasta tertinggi itu.

“Tidak gampang jadi pebalap dan tidak adil menyaksikan bahwa beberapa dari mereka cuma diberikan kontrak–bahkan tidak hingga satu tahun. Semua kontrak ditandatangani di tengah musim, jadi mereka diberi selagi 1/2 musim dan sering kadang mereka dipulangkan,” lanjut anak didik Valentino Rossi tersebut MOTOGP .

Contoh paling baru adalah bagaimana KTM memperlakukan dua pebalap debutannya di MotoGP 2022, Remy Gardner dan Raul Fernandez. Dua pebalap yang musim lantas membela Tech3 KTM itu cuma finis di kronologis 23 dan 22 dengan 0 poin. Mereka berdua pun ditendang dari tim satelit KTM tersebut.

Raul Fernandez masih untung sebab ditampung oleh tim satelit Aprilia RNF besutan Razlan Razali. Namun Remy Gardner mengalami nasib lebih sial. Dia tidak beroleh tim baru di MotoGP dan kelanjutannya harus turun kasta ke balap WSBK. Ini pastinya sangat miris sebab Gardner merupakan juara Moto2 2021.

Tech3 KTM sendiri di musim 2023 berganti busana jadi Tech3 GasGas Factory Racing. Merek yang masih di bawah KTM ini lagi merekrut pebalap muda, yang merupakan juara Moto2 2022, Augusto Fernandez. Dia akan ditemani oleh pebalap senior, Pol Espargaro Babatpost.com .

Kembali ke Bezzechi, ia mulai untung mendapat kontrak dua tahun dari tim Mooney VR46 dan Ducati. Secara performa, Bezzechi terhitung cukup moncer, ia bahkan mendapat gelar rookie of the year 2022.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *