February 2, 2023

Keberhasilan beternak ayam tergantung pada persiapan dan informasi sejak awal. Apakah Anda melakukan ini hanya sebagai hobi, atau Anda berharap untuk menjalankan bisnis kecil, Anda tidak akan salah mencari informasi dan membuat rencana terlebih dahulu.

Sebagian besar pemerintah kota dan kota memiliki peraturan tentang memelihara hewan. Anda harus memverifikasi dengan dewan zonasi Anda dan Departemen Kesehatan untuk mengetahui apa yang diizinkan dan izin apa, jika ada, yang perlu Anda dapatkan. Ada masalah kebisingan dan bau yang terkait dengan beternak ayam. Misalnya, beberapa peraturan pemerintah daerah memperbolehkan ayam, tetapi bukan ayam jantan karena berkokok. Beberapa mungkin memiliki batasan jumlah dan penempatan kandang atau pembuangan limbah ayam. Ini semua hal yang perlu Anda ketahui.

Setelah Anda menyelesaikan semuanya dengan otoritas setempat, pertimbangkan apa tujuan Anda dan berapa banyak ayam yang ingin Anda pelihara. Kebutuhan Anda akan berbeda tergantung pada apakah ini sesuatu yang Anda lakukan hanya untuk bersenang-senang, jika Anda ingin memasok telur untuk keluarga, atau jika Anda ingin menjualnya ke tetangga dan teman.

info harga ayam broiler hari ini

Maklum bahwa merencanakan penjualan telur yang luas adalah bisnis yang rumit bukan untuk pemula. Jika impian seumur hidup Anda adalah menjalankan peternakan telur besar, mulailah dari yang kecil, belajar sambil melakukan, dan tingkatkan hingga operasi yang lebih besar. Itu akan sangat meningkatkan peluang Anda untuk berhasil dalam rencana jangka panjang Anda.

Setelah Anda memutuskan berapa banyak ayam yang akan Anda dapatkan, saatnya untuk mendapatkan kandang. Anda dapat membeli kandang atau membangun sendiri. Jika Anda memutuskan untuk menggunakan rute DIY, temukan rencana untuk kandang di situs web pasokan ayam.

Sejauh penempatan, kandang ayam harus berada di tempat yang tidak terlalu hangat atau terlalu dingin, dan jauh dari angin. Mereka harus cukup nyaman bagi Anda dan keluarga Anda untuk merawat ayam, tetapi Anda tidak ingin mereka terlalu dekat dengan tempat tinggal karena berdecak dan bau.

Rencanakan persediaan apa yang akan Anda butuhkan. Anda perlu meletakkan persediaan pakan, bersama dengan wadah tempat burung makan dan minum. Anda juga membutuhkan sampah untuk kandang. Ini mungkin kopi, sekam kacang, mulsa tebu, atau produk sampingan pertanian lainnya. Periksa dengan toko pakan Anda untuk melihat apa yang umumnya tersedia di wilayah Anda.

Buatlah rencana bagaimana Anda akan menjaga kebersihan kandang. Anda harus membuang sampah dan pupuk kandang. Ini adalah area lain di mana pemeriksaan dengan pihak berwenang setempat disarankan karena mungkin ada peraturan tentang di mana atau bagaimana Anda membuangnya. Beberapa orang berpikir bahwa mereka akan mendapat pasokan pupuk gratis, tetapi kotoran ayam segar membakar tanaman dan tidak direkomendasikan untuk penggunaan itu.

Ayam tidak berlibur dan tidak seperti anjing atau kucing tidak dapat diantar ke kandang. Siapkan pengaturan untuk saat-saat ketika Anda tidak bisa berada di rumah untuk memberi makan, menyirami, dan memeriksa burung.

Ada banyak jenis ayam yang tersedia. Mereka berbeda tidak hanya dalam ukuran dan penampilan, tetapi juga dalam produksi telur dan kemampuan terbang. Anda akan ingin mempertimbangkan tujuan Anda saat memilih jenis ayam mana yang akan dibeli.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *